Kamis, 10 Januari 2013

Cara Menolong Orang Keracunan

Cara Menolong Orang Keracunan
Keracunan makanan bisa menimpa siapa saja, baik masih anak-anak ataupun dewasa, baik keluarga, orang terdekat, ataupun tetangga kita. Kita selalu mencoba untuk menjaga makanan yang kita konsumsi, tetapi bisa saja kita kecolongan alias keracunan makanan. Gejala orang keracunan adalah mual dan muntah-muntah dan biasanya disertai diare. Meskipun demikian bila kita menemui ada orang yang keracunan makanan, maka hal pertama yang bisa dilakukan adalah jangan panik agar pertolongan pertama pada korban keracunan tidak dilakukan secara ceroboh. Bila anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, sebaiknya penderita di bawa ke dokter atau unit kesehatan terdekat.

    Salah satu cara terbaik dari cara mengatasi Keracunan makanan adalah dengan memberikan “penawarnya”. Bila kasus keracunan masih belum lama terjadi alias makanan masih di dalam saluran cerna, maka pertolongan dengan “penawar” dapat diberikan. Sebagai penawar racun yang ada di dalam perut, berikan saja arang aktif atau karbon aktif, yang kalau di apotik terkenal dengan sebutan norit. Berikan arang aktif alias norit tersebut kepada penderita keracunan. Semakin banyak tablet norit yang diberikan maka akan semakin cepat dan semakin banyak pula racun yang dapat terserap. Sekalipun demikian maksimum pemberian tablet norit 20 tablet sekaligus. Tapi ingat, efektifitas norit ini tidak hanya mengikat racun yang ada di saluran cerna, tapi juga gizi makanan yang ada akan dinetralisir. Jadi saat norit diberikan, berikan pula air putih untuk menggantikan zat yang terserap norit.
Selain menggunakan arang aktif, penawar racun yang lain adalah susu. susu juga bisa merangsang mual dan muntah yang juga akan mengeluarkan makanan dan zat beracun dari perut. sekalipun demikian, susu tidak dianjurkan untuk anak-anak, karena bisa menimbulkan masalah baru berupa tersedak saat muntah. Sedangkan untuk mengatasi masalah kekurangan cairan alias dehidrasi yang disebabkan muntah dan diare berkelanjutan yang dialami penderita keracunan makanan, bisa digunakan air kelapa hijau.
Bila kondisi penderita keracunan berkelanjutan dan bertambah parah, segeralah bawa ke rumah sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar