Sabtu, 12 Januari 2013

Faktor Penyebab Gagal Ginjal Kronik

Faktor Penyebab Gagal Ginjal Kronik

Gagal ginjal kronik adalah destruksi struktur ginjal yang progresif dan terus menerus. Selain itu, pada individu yang rentan, nefropati analgesik, destruksi papila ginnjal yang terkait dengan pemakaian harian obat-obat analgesik selama bertahun-tahun dapat menjadi faktor penyebab gagal ginjal kronik. Apapun sebabnya. terjadi perburukan fungsi ginjal secara progresif yang ditandai dengan penurunan GFR yang progresif.
Faktor penyebab terjadinya gagal ginjal kronik adalah radang ginjal menahun, batu ginjal dan batub saluran kemih yang kurang mendapat perhatian, obat-obatan modern ataupun tradisional yang digunakan dalam jangka waktu lama, hipertensi, diabetes, narkoba, serta penyakit ginjal turunan (genetik).

Faktor penyebab gagal ginjal kronik harus diobati untuk menghambat laju proses gagal ginjal agar tidak menjadi gagal ginjal terminal, atau gagal ginjaltidak dapat berfungsi lagi. Tekanan darah dan gula darah harus dikendalikan, dan antibiotik secara teratur diberikan bila terjadi infeksi. Jangan sampai terjadi infeksi pada salah satu ginjal yang dapat dengan mudah menular pada ginjal yang lain. Penderita harus menjalaninya dengan kemauan untuk sembuh yang tinggi dan disiplin ketat. Olahraga pun harus dibatasi hanya yang ringan, seperti jalan kaki dan berenang secukupnya.
Di sisi lain, akibat pemecahan protein tubuh yang meningkat penderita gagal ginjal terminal perlu mendapat terapi nutrisi agar kecukupan protein untuk keperluan perbaikan jaringan tubuh. Selain itu, perlu mengatur keseimbangan cairan elektrolit, mencegah penurunan massa tulang dan kelemahan otot, memperbaiki gangguan irama jantung yang tidak seimbang (aritmia), dang menghambat peningkatan lemak tubuh. Penderita juga perlu mempertahankan kekebalan tubuh menghadapi infeksi virus dan bakteri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar