Sabtu, 12 Januari 2013

Faktor Penyebab Gagal Ginjal

Faktor Penyebab Gagal Ginjal
Penyakit gagal ginjal merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat gangguan fungsi ginjal dimana kemampuan tubuh gagal untuk mempertahankan metabolisme dan keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit dalam darah sehingga terjadi uremia.
Penyakit gagal ginjal kronik banyak diderita oleh orang-orang yang mempunyai pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok, terlalu banyak minum alkohol, serta memiliki riwayat penyakit kronis sebelumnya. Penderita gagal ginjal akut membutuhkan penanganan khusus di rumah sakit, yaitu mendapatkan pelayanan cuci darah setiap minggunya. Jika penderita gagal ginjal tidak mendapatkan perawatan ini, maka bisa dipastikan tubuhnya akan mengalami keracunan dan dapat mengakibatkan kematian.
Ginjal merupakan salah satu organ dalam manusia yang sangat penting keberadaannya, karena sangat pentingnya maka seharusnya kita dapat menjaga kesehatan ginjal, agar ginjal tetap sehat dan tidak mengalami kerusakan. Fungsi ginjal yang paling utama adalah menyaring racun dari darah atau sebagai pencuci darah dari zat-zat beracun dan zat-zat yang tidak berguna, lalu membuang nya ke luar tubuh. Selain itu ginjal juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan air, dan keasaman darah dalam tubuh kita.

Dalam tubuh manusia normal terdapat dua buah ginjal yang terdapat di sisi kiri dan kanan tubuh. Kedua ginjal yang ada tersebut jika tidak dijaga dengan baik dapat menyebabkan kerusakan dan menyebabkan gagal ginjal kronik. Berikut adalah faktor-faktor penyebab gagal ginjal kronik :

Diabetes
Orang yang menderita diabetes dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh lainnya, seperti kerusakan pada saraf, katarak, hingga terjadi penyakit gagal ginjal kronik.

Hipertensi
Penyebab kedua adalah penyakit hipertensi. Penyakit yang disebabkan meningkatnya tekanan darah di pembuluh darah ini jika dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah. Ginjal sendiri memiliki banyak pembuluh darah yang dapat menyaring produk sisa darah. Jika sampai pembuluh darah yang ada di ginjal rusak maka dapat menyebabkan terhentinya pembuangan limbah melalui pembuluh darah. Ini dapat menyebabkan tubuh mengalami penyakit gagal ginjal.

Kanker
Kanker dapat merusak jaringan tubuh manusia, ginjal juga tak luput dari serangan sel-sel kanker. Jika ginjal sudah terserang, maka penyakit gagal ginjal kronik akan datang menghampiri. Penderita kanker sebaiknya cepat mendapatkan perawatan intensif, agar sel-sel kanker tidak merambat ke ginjal.

Batu Ginjal
Penyakit batu ginjal terjadi karena di dalam saluran kemih terdapat endapan keras seperti batu yang dapat menyumbat keluarnya air seni dari tubuh. Jika dibiarkan terus menerus, maka racun dan zat yang tidak berguna dalam air seni akan diserap kembali oleh tubuh dan dapat menyebabkan ginjal terinfeksi.

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Obat-obat berbahaya
Penyalahgunaan obat-obat terlarang, seperti narkotika dapat menyebabkan kerusakan pada fungsi ginjal dan dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal kronik. Pecandu narkoba sebaiknya cepat dibawa ke pusat rehabilitasi agar dapat cepat sembuh dari ketergantungan. Selain itu kebiasaan mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri pada waktu yang sangat lama juga dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal kronik. Ini karena kandungan ibuprofen yang ada pada obat pereda sakit dapat menyebabkan timbulnya nefritis intersitialis , yaitu peradangan pada ginjal.

Itulah beberapa faktor penyebab gagal ginjal kronik. Setiap orang hendaknya mampu menjaga kesehatan ginjal masing-masing, jangan sampai alat penyaring racun alami yang ada di tubuh kita ini mengalami kerusakan. Karena kalau sampai rusak, tentu kita akan harus melakukan terapi cuci darah setiap minggu yang biayanya sangat mahal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar