Minggu, 13 Januari 2013

Pohon Sequoia

Terletak di pegunungan Sierra Nevada Amerika Serikat dimana pohon raksasa tertinggi di dunia berada. Pohon yang berusia ribuan tahun ini sudah menempati taman nasional Sequoia, di sebelah barat lereng Sierra Nevada dan California. Pohon Sequoia raksasa bisa tumbuh mencapai 237 kaki atau setara dengan ketinggian 20 lantai dan bisa jadi akan tumbuh besar dan tinggi seterusnya.


Batangnya berwarna merah berkarat, menebal dengan lapisan dalam kulit berkerut, dan 27 meter dengan diameter di dasar. pohon ini begitu besar Anda hampir tidak dapat melihat semuanya. Pohon Sequoia yang paling terkenal diberi nama ‘The Presiden’ yang berusia 3200 tahun merupakan pohon terbesar ke dua di dunia. Yang pertama dipegang oleh pohon sequoia raksasa yang terletak di Giant Forest of Sequoia National Park di Tulare County, California, The General Sherman”. Dengan ketinggian 83,8 meter (275 kaki), diameter 7,7 meter (25 kaki), sebuah batang diperkirakan volume 1.487 meter kubik (52.513 kaki kubik), dan diperkirakan berusia 2.300 – 2.700 tahun.


Penelitian terbaru oleh ilmuwan Steve Sillett dari Humboldt State University telah mengkonfirmasi bahwa ‘The Presiden’ peringkat nomor dua di antara semua pohon-pohon besar yang sudah pernah diukur. Walau The Presiden” tidak berdiri sebagai tertinggi dari pohon sequoia atau Eucalyptus regnans di Australia, namun tinggi bukanlah segalanya, yang jelas The Presiden jauh lebih besar daripada pohon redwood pantai atau eukaliptus. The presiden memiliki hampir dua miliar daun. Batangnya terus melebar, sementara tungkai atas tumbuh kuat bahkan ketika usia pohon bertambah. Steve Sillett dan timnya membuktikan temuan ini tak terduga dengan memanjat pohon terbesar dan mengukur mereka lebih menyeluruh daripada yang pernah dilakukan sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar