Sabtu, 12 Januari 2013

Kanker Lidah

Kanker Lidah

Gejala awal kanker lidah yakni berupa sariawan menyadarkan kita agar tak menyepelekan penyakit yang satu itu. Sebagaimana dikutip berbagai sumber, pria perokok berisiko tinggi terkena kanker lidah. Kendati demikian wanita juga bisa mengalaminya. Sejumlah ahli medis meyakini luka dan infeksi di lidah dapat memicu terjadinya kanker lidah.
Gejala kanker lidah tak jauh beda dengan sariawan. Bila sariawan biasa, daerah sekitar sariawan bila diraba akan terasa lunak, namun pada kasus kanker lidah, daerah sekitar luka mengeras.
Pada kanker lidah, rasa sakit akan menjalar dari leher menuju telinga. Pergerakan lidah juga terasa kaku dan sakit saat menelan. Gejala lainnya, yakni munculnya bercak berwarna merah atau putih pada lidah dalam waktu lama, sariawan dan peradangan di lidah secara terus menerus. Nyeri saat mengunyah dan menelan makanan. Radang tenggorokan dalam waktu yang lama. Pendarahan pada lidah tanpa sebab yang jelas.
Ada beberapa cara penanganan kanker lidah, di antaranya selalu sikat dan flossing secara teratur, jangan merokok atau mengunyah produk tembakau, hindari minum minuman beralkohol, batasi ekspos terhadap sinar matahari, berolahraga secara teratur, makan makanan anti kanker.
The American Institute for Cancer Research merekomendasikan untuk makan banyak kacang-kacangan, buah, sayuran berdaun hijau gelap, biji rami, bawang putih, anggur, teh hijau, kedelai dan tomat untuk mencegah kanker. Diet dan pemenuhan nutrisi telah menjadi metode pencegahan kanker yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar