Supaya gigi dan gusi anda tetap sehat, ada 13 tips bagi anda untuk merawat gusi dan gigi

1. Makan makanan yang membuat gigi anda putih. Apapun yang ada makan atau minum akan kelihatan di gigi anda, anggur merah, teh hitam, rokok, akan menyebabkan gigi anda kehilangan warna putihnya. Cola, jus2 yang berwarna gelap, akan membuat gigi anda berubah warna juga. Maka: Sikat gigi anda sesegera mungkin setelah makan. Langkah kedua: pakai pemutih gigi yang aman. Langkah ketiga: Sadarilah apa yang anda makan,terutama yang membuat noda pada gini, dan hanya makan makanan tersebut jika ada sikat gigi. Kalo tidak ada, coba gunakan apel sebagai pencuci mulut.

2. Bersenandunglah saat anda menggosok gini. Waktu ideal menggosok gigi untuk membersihkan semua tempat yang berplak adalah 2 menit. Pakai timer, tau coba ikuti lagu "The Brush Along Song, yang pas 2 setengah menit. Lagu ini dapat anda beli di www.alianda.com/brushalong/brush2.html

3. Pegang sikat gigi anda seperti anda memegang pensil. Apakah sikat gigi anda hancur berantakan? berarti anda menggosok gigi terlalu berat. Menggosok gigi terlalu berat malah tidak sehat, gunakan sikat gigi dengan sudut 45 derajat terhadap gusi dan gerakkan dengan gerakan memutar, bukan maju-mundur. Pegangan seperti pensil akan membantu anda tidak menggosok gigi terlalu keras.

4. Minum teh setiap hari. Flavonoid dan bahan lainnya akan membantu mencegah bakteri berbahaya menempel di gigi, dan mencegah timbulnya suatu jenis gula yang membuat karang gigi. Teh juga mengandung fluorida dalam jumlah besar.

5. Buang sikat gigi dan ganti setiap tiga bulan, kalau tidak, sama saja anda memindahkan bakteri ke mulut anda.

6. Gunakan mouthwash bebas alkohol untuk membuang bakteri. Kebanyakan produk mouthwash mengandung terlalu banyak alkohol, yang malah mengeringkan mulut, dan membuat jaringan mulut menjadi sasaran empuk bakteri. Bahkan ada studi yang menunjukkan adanya hubungan antara produk mouthwash yang mengandung banyak alkohol dan peningkatan kemungkinan kanker mulut.

7. Bersihkan lidah dengan pembersih lidah setiap hari, untuk membuang plak di lidah dan menyegarkan napas anda. Salah satu penyebab utama napas tak sedap adalah penumpukan bakteria di lidah, yang dapat dihilangkan.

8. Bahkan jika anda telah dewasa, ada baiknya anda menghindari makanan tinggi gula. Gula + bakteri = Plak mulut. Plak = gusi berdarah, gigi busuk, dan lubang, lagian asam dari gula dan minuman soda dapet melarutkan enamel gigi

9. Coba makan makanan "deterjen". Makanan yang keras akan membantu membersihakn gigi, misal: Apel, wortel mentah, seledri dan popcorn. Untuk hasil terbaik, makan makanan ini sebagai pencuci mulut anda jika anda tidak dapat segera sikat gigi setelah makan.

10. Berkumurlah dengan cuka apel cider di pagi hari, lalu gosok gigi seperti biasa. Cuka yang ada akan membantu membuang noda, memutihkan gigi, dan membunuh bakteria di mulut dan gusi.

11. Sikat gigi dengan soda kue seminggu sekali, untuk membuang noda dan membersihkan gini. Gunakan seperti bisa sikat gigi dengan odol. Atau gunakan garams sebagai alternatif odol. Cuman, ingat! muntahkan, kurangi asupan natrium anda! Jika gusi anda berasa sakit, coba gosok gigi dengan garam secara bergantian dengan odol.

12. Coba floss dengan gigi tertutup. Jika anda tidak lagi membutuhkan cermin, maka anda akan dapat melakukannya di mobil, di meja anda, di kasur, atau bahkan sebelum meeting.