Minggu, 11 November 2012

mengatasi batuk

Batuk sebenarnya bukan penyakit melainkan iritasi pada tenggorokan yang disebabkan karena makanan, lendir ataupun kotoran. Meskipun bukan suatu penyakit, batuk menyebabkan rasa tidak nyaman bagi siapa saja yang mengalaminya. Oleh karena itu, tidak sedikit orangpun mencari cara mengatasi batuk.

Cara mengatasi batuk dapat anda lakukan secara alami ataupun dengan bantuan obat dari dokter. Dalam cara yang tidak alami, anda dapat menggunakan obat-obatan yang dapat meringankan batuk anda dan dapat anda peroleh di apotik. Namun, jika anda biasa menggunakan cara alami, anda dapat memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar anda.

Cara mengatasi batuk secara alami tentunya lebih murah jika dibandingkan dengan obat-obatan sintetik. Nah, berikut ini beberapa bahan yang dapat anda manfaatkan untuk mengatasi batuk yang sangat mengganggu.


cara mengatasi batuk

1. Madu dan lemon
Kombinasi antara madu dengan lemon memng sudah dipercaya sebagai salah satu bahan yang dapat digunakan dalam langkah cara mengatasi batuk. Caranya pun relatif mudah, cukup dengan mencampurkan satu sendok teh madu dan 1-2 sendok teh sari lemon ke dalam segelas air hangat. Kemudian tinggal anda minum sehari 1 kali dan lakukan rutin sampai batuk anda benar-benar sembuh.

2. Kunyit
Kunyit merupakan rempah-rempah yang memiliki khasiat untuk meredakan batuk. Kunyit jika anda konsumsi langsung memang memiliki rasa yang kurang enak, oleh karena itu dalam penyajiannya dapat anda tambahkan madu dan susu. Cara mengatasi batuk dengan kunyit dapat anda lakukan dengan ½ sendok teh kunyit yang sudah ditumbuk, tambahkan madu dan masukkan dalam susu. Minum minimal dua kali sehari secara rutin hingga batuk anda reda.

3. Kemangi
Kemangi yang biasa anda gunakan untuk lalapan ketika makan ayam bakar ini juga dapat anda gunakan sebagai bahan dalam langkah cara mengatasi batuk. Caranya dapat anda lakukan dengan merebus 2-3 lembar daun kemangi dalam segelas air, kemudian minum sari rebusan daun ini. Lakukan secara ruein hingga batuk anda reda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar