Kamis, 13 Desember 2012

manfaat kemiri

Kemiri yang biasa dipakai sebagai bumbu masakan ternyata memiliki manfaat luar biasa mulai dari perawatan kulit hingga rambut.
Kemiri mengandung zat gizi dan nongizi. Zat nongizi dalaam kemiri misalnya saponin, falvonoida, dan polifenol. Banyak peneliti telah membuktikan bahwa ketiga komponen ini memiliki arti besar bagi kesehatan. Kandungan zat gizi mikro yang terdapat dalam kemiri contohnya protein, lemak, dan karbohidrat.
Mineral yang dominan dalam kemiri adalah kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Juga terkandung zat besi, seng, tembaga, dan selenium, dalam jumlah sedikit.
Kandungan penting lainnya dari minyak kemiri  adalah vitamin, folat, serta fitosterol yang dapat meruask enzim pembentuk kolesterol di dalam hati, sehingga menghambat pembentukan kolesterol.
Protein pada biji kemiri terdiri dari asam amino esensial maupun nonesensial. Fungsi asam amino esensial antara lain untuk pertumbuhan karena asam amino terdapat di semua jaringan dan membentuk protein dan antibodi.
Asam amino nonesensial yang menonjol pada kemiri, yaitu asam glutamat dan asam aspartat. Keberadaan asam glutamat yang memberikan rasa nikmat ketika kemiri digunakan sebagai bumbu. Hal itu membuat kemiri dapat mengganti penyedap masakan seperti MSG.
Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut:
  • Menyuburkan Rambut
  • Menghitamkan Rambut
  • Mencegah Ketombe
  • Menguatkan Akar Rambut
Cara Pemakaian:
  • Kocok terlebih dahulu dan oleskan secara merata pada rambut dan biarkan selama 30 menit.Kemudian bilas dengan shampoo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar