Selasa, 12 Februari 2013

Oedipus Compex

ciri-ciri pria yang menderitanya adalah selalu tertarik dengan wanita yang lebih tua dan seumur ibunya. Misalnya, jika Anda berusia 30 tahun dan mencintai seorang wanita yang berusia 35 tahun, itu masih normal. Tapi jika Anda mencintai seorang wanita yang sudah berusia sekitar 50 tahun, mungkin Anda terkena sindrom tersebut.
Oedipus kompleks terjadi karena faktor kejiwaan, misalnya terlalu dekat atau terlalu dilindungi oleh ibu. Mengenai beberapa pertanyaan mengapa banyak pria menyukai seorang wanita yang usianya lebih tua, baik pada kasus oedipus kompleks atau bukan, Dr. Donardi menyebutkan, “Biasanya si pria adalah seseorang yang memiliki tipe yang selalu bergantung pada orang lain (termasuk dalam materi), tidak bisa mengambil keputusan sendiri, senang dimanja, dan disayang.” Tapi untuk 3 ciri terakhir, rasanya semua pria mengidap penyakit ini. (www.solusisehat.net)
Tapi sebenarnya bukan masalah gangguan jiwa atau trend semata, tapi ini lebih ke masalah perasaan akan rasa cinta kepada lawan jenis nya. Apalagi ini jaman modern bukan lagi jaman siti nurbaya atau mungkin jaman siti zubaidah yang harus mencintai berdasarkan umur di mana si wanita harus lebih muda daripada umur di pria.
Rasanya terlalu naif dan kolot kalau berpikir pria harus suka, cinta atau bahkan menikahi seorang wanita yang umurnya lebih mudah. Tapi bisa juga sebaliknya kan, pria bahkan bisa suka, cinta atau bahkan menikahi seorang wanita yang umurnya lebih banyak dari pada si pria nya.
Jadi ini bukan masalah gangguan jiwa atau trend, tapi lebih kemasalah suatu situasi, keadaan dan perasaan. Dimana situasi yang sering bertemu, keadaan yang sangat memungkinkan sehingga timbul rasa suka, sayang bahkan menjadi rasa cinta.
Yang menjadi pertanyaan sebenarnya adalah apakah si wanita mau menerima si pria yang umurnya lebih muda dari pada si wanita?
Kebanyakan wanita akan menjawab, “yang pasti aq mau menerima mu tapi hanya sebatas sebagai adik atau sebagai my best partner”.
Yang lebih celaka lagi kalau si wanita yang gak punya perasaan akan menjawab, “masak aq suka ama brondong!! apa kata orang-orang nanti apalagi kata keluarga besar”.
Dan yang lebih utama lagi adakah rasa sayang dan cinta di dalam hati si wanita?.
Bukan kah kalo memang saling mencintai, semua perbedaan itu akan hilang dengan sendirinya
Manusia tidak dapat menuai cinta sampai dia merasakan perpisahan yang menyedihkan, dan yang mampu membuka fikirannya, merasakan kesabaran yang pahit dan kesulitan yang menyedihkan. (Khahlil Gibran)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar